+6281226607794 support@advntherapy.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
Nama Depan*
Nama Belakang*
Email*
No Telephone*
Negara*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login
+6281226607794 support@advntherapy.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
Nama Depan*
Nama Belakang*
Email*
No Telephone*
Negara*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Bagi kamu pemburu matahari pagi, penikmat cahaya pagi dan semua keindahan yang menyejukkan mata kala fajar, sudah pernah coba menyaksikan matahari terbit dari atas bukit punthuk setumbu, Magelang?

Sebuah bukit yang berada dalam gugusan bukit menoreh yang memiliki ketinggian mencapai 400 meter diatas permukaan laut. Bukit ini menyuguhkan pemandangan yang berbeda dengan lokasi sunrise lainya.

Dari sini kamu bisa melihat lanscape candi borobudur yang terlihat siluetnya berada diantara bayang-bayang pepohonan disekitarnya, ditambah dengan latar belakang gunung merapi dan merbabu yang membentang indah dan gagah sebagai tempat matahari pagi mulai menampakkan cahayanya.

Siluet candi borobudur yang megah terlihat mengambang diantara kabut dan bayang-bayang pepohonan disekitarnya membuat pemandangan pagi hari terasa lebih mistis, bagaimana kamu bisa melihat bukti peradaban yang begitu indah dapat kamu nikmati dari satu sisi yang berbeda.

Udara sejuk dari ketinggian juga akan memanjakan rasa dan hatimu yang lelah menempuh perjalanan menuju bukit. Lelah seketika akan berganti dengan takjub.

Baca Juga: Candi Borobudur, Peradaban Megah Nusantara

Lokasi Wisata Punthuk Setumbu.

Lokasi Punthuk Setumbu berada tidak jauh dari wisata hits yang sudah sangat terkenal sampai keluar negeri, ya lokasinya tidak jauh dari candi Borobudur yang terkenal dengan kemegahan bangunannya.

Hanya berjarak 4 km saja, membuat akses wisata Punthuk Setumbu mudah untuk dijangkau. Sebenarnya jalan yang dilalui tidak cukup luas, hanya jalanan desa, namun petunjuk arah menuju lokasi sudah sangat jelas jadi kamu tidak perlu khawatir kesasar untuk menuju lokasi wisata.

Jika menempuh perjalanan dari kota Jogja kamu akan menempuh perjalanan sejauh  44 km yang biasanya akan menghabiskan waktu 1 jam lebih.

Karena wisata Punthuk Setumbu hanya dikhususkan untuk menikmati sunrise jadi belum ada kendaran umum yang tersedia untuk menjangkau lokasi ini.

Jadi kamu bisa membawa kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil untuk menjangkau lokasi wisata Punthuk Setumbu.

kamu cukup mencari rute menuju Candi Borobudur, setelah itu kamu lanjutkan menyusuri jalan menuju hotel Manohara, terus saja sampai menamukan persimpangan nah dari sinilah kamu hanya perlu mengikuti petunjuk arah menuju wisata Sunrise Borobudur di atas nirwana Punthuk Setumbu.

Wisata Sunrise Punthuk Setumbu

wisata sunrise menawan

Bukit Phuntuk setumbu dulunya hanyalah merupakan perbukitan biasa yang difungsikan warga setempat sebagai tempat bercocok tanam atau berladang, pada awalnya tidak ada hal yang sepesial dari bukit ini.

Namun semuanya mulai berubah dan bukit Punthuk Setumbu mulai banyak diburu para pencari fajar ketika seorang fotografer mengabadikan suasana sunrise yang indah dengan siluet candi Borobudur yang melayang diatas embun lembut dengan latar belakang gunung Merapi-Merbabu.

Dari sinilah bukit Punthu Setumbu mulai terkenal, banyak orang yang ingin melihat keindahanya, terutama para pecinta fotografi, tak pernha habis para pecinta lanscape fotografi mengunjungi tempat ini sehingga kini banyak bertebaran foto keindahan sunrise yang menawan dari atas bukit Punthuk Setumbu.

Maka dari itu kini wisata Punthuk Setumbu mulai dikelola oleh warga sekitar, dengan meningkatkan fasilitas agar mempermudah wisatawan saat berkunjung untuk menikmati Sunrise di atas bukit Punthuk Setumbu.

Mulailah dibangun berbagai fasilitas umum, perbaikan akses jalan menuju puncak bukit, tempat ibadah, tempat beristirahat diatas bukit, dan berbagai wahana penunjang untuk mempercatik foto-foto wisatamu.

Bukit Punthuk Setumbu semakin terkenal setelah digunakan sebagai lokasi syuting film ternama yaitu AADC 2, dimana rangga mengajak cinta untuk menikmati suasana sunrise yang indah dari atas bukit Punthuk Setumbu, dan diteruskan menuju gereja ayam.

Nah dari bumingnya film ini maka lebih banyak orang yang ingin mengetahui atau yang sering disebut sebagai napak tilas lokasi syuting film AADC 2. Tak heran banyak juga travel agent yang merekomendasikan lokasi ini untuk dikunjungi oleh pelanggan mereka.

Baca Juga : Candi Prambanan, Kisah Cinta Yang Terabadikan

Waktu Terbaik Mengunjungi Punthuk Setumbu

Waktu terbaik untuk menikmat sunrise di Punthuk Setumbu adalah sebalum matahari terbit. Karena kamu harus melalui jalur yang mendaki jadi kami sarankan kamu untuk tiba lebih pagi dari matahari terbit.

Jadi kami sarankan untuk anda lebih baik tiba pukul 04.00 pagi, jadi kamu tidak perlu terburu-buru menaiki anak tangga menuju puncak bukit, perjalananmu akan lebih santai dan kamu bisa sambil menikmati sejuknya pagi hari di wisata bukit Punthuk Setumbu.

Jam Buka Bukit Punthuk Setumbu

  • Senin – Jum’at buka pada pukul 04.00- 17.00 Wib
  • Sabtu – Minggu buka¬† 24 jam

Harga Tiket Masuk Bukit Punthuk Setumbu

  • Htm Domestik = Rp 15.000
  • Htm Mancanegara= Rp 30.000
  • HTM Camping = 30.000 / orang (bawa tenda sendiri)
  • Parkir motor = Rp 2.000
  • Parkir Mobil = Rp 5.000

Fasilitas Wisata Bukit Punthuk Setumbu

  • Camping Ground
  • Wahana foto
  • Gazebo
  • Pedagang oleh-oleh
  • Pedagang makanan- minuman
  • Musola
  • Toilet
  • Tempat sampah

Tips Wisata Sunrise Bukit Punthuk Setumbu

  • Tiba lebih awal di pukul 03.30-04.00
  • Mulai mendaki lebih awal untuk mengamankan posisi terbaik, karena lokasi wisata ini akan sangat ramai pengunjung
  • Memakai pakaian hangat atau jaket
  • Mengenakan alas kaki yang aman dan nyaman (Sandal gunung atau sepatu)
  • Membawa bekal makanan dan minuman
  • Menikmati hangatnya kopi dipagi hari menjelang sunrise akan terasa lebih nikmat
  • Membawa kamera digitalmu untuk mengabadikan momen

 

 

 

 

Leave a Reply