+6281226607794 support@advntherapy.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
Nama Depan*
Nama Belakang*
Email*
No Telephone*
Negara*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login
+6281226607794 support@advntherapy.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
Nama Depan*
Nama Belakang*
Email*
No Telephone*
Negara*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Taman Sari, Jejak Istana Air Yang Indah di Yogyakarta

Memiliki banyak bangunan peninggalan dari masa lampau bahkan luas daerah yang terbilang lebar menjadikan wisata Taman Sari menarik untuk dikunjungi.

Lokasinya kini yang sudah bersanding dengan perumahan warga lokal membuat pengunjung yang datang ke Taman Sari seolah berpetualang mencari sisa-sisa peninggalan di masa lalu diantara ramainya kehidupan modern penduduk kota yang padat.

Anda akan diajak untuk menyusuri jalan-jalan pemukiman penduduk untuk mencapai berbagai bangunan yang masih tersisa di Taman Sari ini.

Saat anda menemukan dan berada di salah satu bangunan bersejarah di Taman Sari, anda akan merasakan suasana yang berbeda, seolah sedang berasa di zaman yang berbeda. Tentu arsitektur dan tata letak bangunan di Taman Sari menjadi daya tarik wisatawan untuk melihat bagaimana megahnya tempat ini dikala itu.

Lokasi Wisata Taman Sari

Letak wisata Taman Sari ini masih berada ditengah kota Jogja, masih satu komplek dengan Kraton Jogja. Menempuh perjalanan 10-15 menit menggunakan becak anda sudah bisa sampai ke lokasi wisata Taman Sari. Jika anda menginginkan perjalanan hemat dan memilih ke lokasi wisata Taman Sari ini sendirian anda cukup menuliskan nama Taman Sari di google map maka akan muncul lokasi wisata ini.

Meskipun lokasinya dekat tapi bagi anda yang baru saja ke Jogja mungkin akan kebingungan menuju lokasi ini karena keberadaanya yang dekat dengan pemukiman warga. Namun dengan teknologi yang sudah ada saat ini dipastikan anda akan mudah menemukan lokasinya, karena wisata Taman Sari sudah terkenal dan banyak ulasan di internet.

Wisata Taman Sari

Taman Sari merupakan bangunan  perpaduan budaya Jawa, Eropa, dan Cina. Sehingga menjadikan bentuk bangunannya terlihat megah unik dan indah untuk dilihat.

Dulunya Taman sari  merupakan tempat wisata dan pemandian raja, istri serta putrinya. Tidak sembarangan orang boleh memasuki kawasan ini maka dari itu komplek Taman Sari dikelilingi oleh tembok yang tinggi. Dan keberadaan bangunan tinggi di pulau Cemeti juga menjadikan Taman Sari sebagai benteng pertahanan jika ada serangan dari musuh, karena dari tempat ini kita bisa melihat keseluruhan komplek Kraton  Jogja.

Saat itu di lokasi Taman Sari dikelilingi oleh danau buatan sehingga sultan dan keluarga kerajaan bisa mendayung sampan diarea tersebut. Selain itu pulau-pulau buatan, lorong rahasia, jembatan gantung, kanal air, dan masjid menambah deretan keindahan Taman Sari dimasa lampau.

Meskipun kini beberapa fasilitas di Taman Sari tak selengkap dulu, namun anda masih bisa menyaksikan sisa-sisa keindahan yang masih bisa dinikmati.

Jika anda berkunjung ke Taman Sari melalui pintu utama anda akan langsung disambut dengan tempat pemandian yang berisi kolam-kolam buatan dengan air yang jernih dan dikelilingi oleh bangunan kuno dan dinding-dinding yang megah.

Baca Juga: Kraton Yogyakarta, Wisata Budaya Sultan

Bagian ini merupakan tempat langganan wisatawan berswafoto, perpaduan warna air bangunan, dan tumbuhan yang berada di sini membuat foto yang diambil tampak lebih indah.

Setelah dari kolam pemandian anda akan diajak untuk menyusuri perkampungan warga, kami sarankan anda menyertaiperjalanan bersama guide lokal agar mempermudah jalan menuju lokasi masjid bawah tanah.

Anda akan melewati perumahan penduduk dan pertokoan kesenian yang menawarkan berbagai barang yang bisa dibawa pulang. Mampirlah jika anda tertarik, karena sejanjutnya anda akan melewati lorong bawah tanah menuju masjid yang memiliki arsitektur unik.

Lorong bawah tanah wisata Taman Sari

Menuruni beberapa anak tangga dan menyusuri lorong bawah tanah yang tidak terlalu lebar menciptakan suasana yang berbeda tentunya pada zaman ini. Anda bisa menyaksikan betapa kokohnya bangunan ini, berjalan tidak terlalu lama anda akan sampai di masjid bawah tanah.

bangunan masjid bawah tanah di taman sari

Masjid bawah tanah juga merupakan lokasi favorit bagi setiap pengunjung yang datang. Bentuk tangga yang bertemu ditengah dari 4 penjuru dan ditambah satu tangga menuju lantai kedua merupakan tempat yang rela untuk ditunggu bergantian hanya sekedar mengabadikan momen karena tambahan celah-celah pintu yang berada di lantai 2 menjadikan foto terlihat lebih menarik.

Keunikan lain dari bangunan ini adalah suara anda bisa bergema sampai ke setiap sudut bangunan, jadi tidak heran saaat disini suara tampak lebih bising.

Tidak jauh dari sini anda dapat melanjutkan perjalan ke Gedong Kenongo, dengan melewati kembali lorong yang sama anda bisa melihat bangunan yang tinggi dari pintu keluar.

Bangunan inilah yang pada zaman itu difungsikan sebagai benteng pertahanan dan tempat untuk mengawasi keamanan komplek kerajaan. Tentu karena lokasinya yang berada di pulau buatan yang tinggi membuat pemandangan disekitarnya bisa terlihat lebih jelas.

Sekarang bangunan ini hanya tersisa puing-puingnya saja, bagian atap yang sudah runtuh namun masih meninggalkan dinding-dinding yang kokoh di kiri kanannya. Meski sudah tak lengkap lagi namun lokasi ini masih menjadi primadona yang pantang untuk dilewatkan bagi setiap pengunjung yang datang.

Sekarang lokasi ini sering dijadikan tempat untuk menikmati matahari terbenam yang indah dari kota jogja.

Baca Juga: Candi Borobudur, Peradaban Megah Nusantara

bangunan gedung kenongo yang menjadi benteng tertinggi taman sari

Jam Buka & Tiket Masuk Wisata Taman Sari

  • Buka pada pukul 08.00-16.00
  • Htm: Rp 5.000/ lokal
  • Htm: Rp 15.000/mancanegara
  • Guide lokal: Rp 50.000- Rp 100.000

Fasilitas Wisata Taman Sari

  • Guide lokal
  • Pedagang makanan dan minuman
  • Toko oleh-oleh
  • Toko kesenian
  • Toilet
  • Parkir motor & mobil
  • Tempat sampah

Tip Wisata ke Taman Sari

  1. Datang pagi setelah jam buka agar tidak terlalu ramai dan terik
  2. Jangan ragu menyewa jasa Guide lokal untuk memudahkan menjangkau lokasi wisata, dan tentunya menambah wawasan
  3. Memakai alas kaki yang nyaman
  4. Memakai penutup kepala / topi
  5. Membawa kamera digital
  6. Buang sampah pada tempatnya

 

 

 

Leave a Reply